6 Rahasia Tersembunyi Cara Menjadi Customer Service yang di Cintai Pelanggan

07 November 2018 - Kategori Blog

Skill Menjadi Customer Sercive pada zaman ini sangat dibutuhkan, apalagi jika anda mulai bisnis online

Otomatis anda akan menjadi Customer Service (CS)  untuk bisnis anda, sebelum memiliki team yang bisa melayani pelanggan maka mau tidak mau andalah yang wajib melayani pelanggan.

Nah..

Melayani pelanggan tidak boleh ngasal, karena pelanggan siapapun dia, butuh pelayanan yang profesional.

Untuk menjadi CS yang handal diperlukan skill customer service yang wajib anda kuasa.

Sebelum anda membaca tulisan ini sampai selesai, pastikan anda telah  mendaftar menjadi Reseller Produsen Baju Bayi

karena tips ini sangat cocok jika anda telah memiliki bisnis sendiri, minimal menjadi  reseller Baju bayi deh ^^

Oke..

Kita lanjut ya..

Jadi begini, pelayanan pelanggan itu nomor satu setelah kwalitas produk anda,

Bayangkan jika anda membeli jam tangan dengan kwalitas nomor Wahid, tapi pelayanan CS nya seperti orang pedagang di pasar, gak ada ramah-ramahnya dan slow respon, pastinya anda kurang sukakan. Boro boro mau beli, komunikasi dengannya saja sudah males.

Mas langsung saja apa sih 6 rahasianya?

sudah gak sabar ya..hehe

ini dia 6 Rahasia Tersembunyi Cara Menjadi Customer Service yang di Cintai Pelanggan

1. Cepat Tanggap dengan Telepon dan Pesan yang masuk

 

Membiarkan telpon terus berdiring, atau pesan masuk tanpa respon adalah kebiasan buruk yang perlu anda ubah secepat mungkin,

jika ingin pelanggan anda tidak lari ke lain hati.

Banyak yang menyepelekan masalah ini, padahal jika anda tahu, tahapan ini adalah kesan pertama pelanggan menghubungi anda.

Biasanya kesan pertama menentukan apakah pelanggan tertarik atau tidak dengan bisnis anda.

Maka jadikan kesan pertama yang mempesona..^^

Jawab semua respon pelanggan yang masuk baik menggunakan telpon ataupun pesan ( whatsApp/sms).

Pelanggan paling tidak senang di suruh menunggu terlalu lama,

Jika anda menggunakan whatsApp Bisnis anda bisa menyetel balas otomatis ketika anda offline,

itu bisa anda lakukan untuk mengakali ketika anda tidak bisa merespon secara cepat.

2. Gunakan Bahasa Positif

Rahasia kedua ini penting, setelah anda menerima telpon atau menjawab pesan dari pelanggan.

Tugas selanjutnya adalah melayani pelanggan dengan bahasa yang positif.

sebagai customer service yang baik anda perlu membiasakan diri untuk menggunakan bahasa yang positif.

Sekalipun harus ada pernyataan yang bertolak belakang dengan ekspektasi Pelanggan,

anda harus belajar untuk mengganti kosakata tersebut agar lebih terdengar positif dan tidak membuat pelanggan kecewa mendalam.

Misalnya nih, jika anda tidak bisa memberikan refund pembelian sebuah barang, dari pada menolak dengan bahasa seperti ini:

“Maaf kami tidak melayani refund, anda jadikan saja deposit ya!

Lebih baik anda gunakan bahasa positif dibawah ini:

“Mohon maaf Ibu/Bapak, untuk barang ini tidak bisa dilakukan refund dalam bentuk uang. Tapi jika ingin membeli barang lain yang sama atau lebih mahal harganya tetap bisa, dengan jangka waktu penukaran 7 hari sesudah pembelian.”

Biasanya, pelanggan lebih legowo menerima kenyataan, karena masih ada opsi lain yang ditawarkan customer service.

Jadi sebelum mengirim pesan, pikirkanlah cara melayani pelanggan sebagaimana anda ingin di layani.

 

3. Jangan mengumbar janji yang tidak bisa ditepati

Gimana rasanya di PHP-in pelanggan Gak enak bangetkan?
begitu juga pelanggan, mereka tidak senang jika anda umbar janji tapi tidak di tepati.

Jangan pernah memberikan harapan palsu untuk pelanggan dengan menyampaikan info yang salah.

Apalagi jika anda sebagai orang reseller, biasanya pelanggan langsung menghubungi anda,

jangna pernah janjikan barang akan sampai dalam 2 hari jika kenyataannya baru akan sampai 6 hari.

Nah..
Sampaikan saja realitanya, jangan berbohong demi mendapatkan orderan.

Karena untuk membuat pelanggan repeat order bukan hanya barang anda yang berkwalitas tapi mereka juga menilai kejujuran anda.

Jadi Jujurlah padaku…hehehe

 

4. Punya Product Knowledge

Rahasia berikutnya adalah anda mesti punya product knowledge,
Mas apa sih product knowledge ? bahasa mudahnya pengetahuan tentang produk yang anda jual.

Jika anda reseller baju bayi maka wajib anda mengetahui seluk beluk tentang baju bayi,
Jangan sampai pelanggan pesan bedong tapi yang anda kirim popok tali….hehe
Kalau seperti itu siap-siap di tempukin pelanggan..

Anda wajib tahu product Knowledge, baik nama-nama produk, harga, jenis kain, berat produk dan lain sebagainya
kabar bagusnya, dengan menjadi reseller produsen baju bayi kami telah menyiapakan semuanya tinggal anda pelajari.

5.  Siap Mau Menerima Aduan atau Komplain

Hampir tidak mungkin customer service tidak menghadapi Komplain.

Bahkan, sering kali customer service juga mendapat nada marah di telfon atau di whatsApp.

Tapi itu adalah salah satu risiko kerja yang sangat lumrah,

Itu sebabnya, anda perlu berdamai dengan situasi dan risiko kerja ini. Setiap aduan dan komplain yang terjadi biasanya juga akibat pelayanan yang belum maksimal, kwalitas produk atau bisa jadi karena pihak ketiga seperti kargo pengiriman, jadi harus ditanggapi dengan kepala dingin agar kamu juga bisa lebih tenang dalam menerima tiap komplain.

Jadi yang perlu anda lakukan jika ada pelanggan yang komplain,
berikan pelanggan anda senyuman..
kemudian siapkanlah kata-kata yang positif dan tidak menyingung.

6. Sabar

Reseller baju bayi rata-rata pelanggannya emak-emak,

anda tahu sendirikan emak-emak gimana cerewetnya..hehehe

Nah untuk menghadapi pelanggan dengan tipe seperti itu diperlukan kesabaran yang ekstra,

anda mesti sabar jika pelanggan chat lama beli kagak (CLBK)
anda mesti sabar jika pelanggan komplain gak karuan padahal tujuannya ingin cenlcel orderan.
anda mesti sabar jika pelanggan banyak tanya tapi gak jadi ordder.
anda mesi sabar jika admin produsenbajubayi slow respon heheheh…^_^

intinya sabar saja, prinsipnya jika rizky ndak akan lari kemana-mana, yang penting tetap ikhtiar dan berdoa. Semoga dapat pahal.

Sebelum saya akhiri tulisan ini, saya rangkum dulu  6 Rahasia Tersembunyi Cara Menjadi Customer Service yang di Cintai Pelanggan:

  1. Cepat Tanggap dengan Telepon dan Pesan yang masuk
  2. Gunakan Bahasa Positif
  3. Jangan mengumbar janji yang tidak bisa ditepati
  4. Punya Product Knowledge
  5. Siap Mau Menerima Aduan atau Komplain
  6. Sabar

itu saja ya, semoga 6 rahasia ini bermanfaat, sebenarnya gak rahasia rahasia amat sih,

tapi biar anda tertarik saya tulis rahasia.. haha^^

, , , , , , , , , , , ,

 
Chat via Whatsapp