Cara Memilih Popok Bayi

26 February 2016 - Kategori Blog

Cara Memilih Popok Bayi

Popok Bayi – Sebagai orang tua yang baik kita tidak boleh sembarangan memilih segala kebutuhan terpenting untuk bayi baik dalam hal memilih pakaian, aksesoris, makanan, maupun popok bayi. Popok bayi merupakan salah satu kebutuhan utama untuk bayi yang pada umumnya sering digunakan untuk bayi baru lahir sampai balita. Menurut dr. Herbowo Soetomenggolo, Sp.A., memilih popok untuk bayi yang baik sangatlah penting. Orangtua tidak boleh asal beli popok, karena bila yang dipilih tidak berkualitas, maka kenyamanan dan kesehatan bayi adalah taruhannya. Maka itu disini anak harus pintar-pintar memilih popok yang memiliki kualitas dan penyerapan cairan yang baik serta nyaman untuk kulit bayi. Namun kesalahan yang sering dilakukan para orang tua adalah salah menentukan pilihan mana jenis popok yang nyaman dan aman bagi anak sehingga penggunaanya yang salah kerap kali akan menyebabkan masalah kulit pada bayi, seperti ruam popok, jamuran, dan alergi.

Untuk popok yang sering digunakan umunya terdiri dari dua jenis yaitu:

Cloth Diaper atau Clodi
Cloth diaper atau clodi sering disebut juga popok cuci ulang. Pilihlah popok cloth diaper yang berbahan katun. Karena bahan ini sangat baik dalam menyerap keringat bahkan pada saat dalam cuaca yang panas sekalipun. Popok cloth diaper biasanya dijual dengan harga yang lebih murah karena karena popok tersebut dapat dicuci dan digunakan kembali.

Disposable Diaper
Disposable diaper yaitu popok sekali pakai atau lebih sering juga disebut “pampers”. Popok ini biasanya tersedia dalam berbagai ukuran sesuai dengan berat badan bayi. Keuntungan yang dapat diperoleh dari popok jenis pampers adalah lebih mudah dan praktis. Akan tetapi masalah yang kerap ditemui adalah kulit bayi akan cenderung sensitif dan mudah mengalami iritasi apabila pampers sudah banyak menampung urin atau fases namun tidak segera diganti.

Berikut ini adalah cara memilih popok bayi:

Sesuaikan dengan usia
Untuk bayi usia 0-3 bulan kulitnya cenderung masih sensitif, disini sebaiknya anda memilih popok yang berbahan lembut seperti popok cuci ulang berbahan katun. Sedangkan untuk berpergian tidak ada salahnya sesekali anda pakaikan popok praktis dengan bentuk perekat dan ukuran S (small) atau nomor 1 atau 2 tergantung berat badan bayi. Untuk usia 4-19 bulan, pilihlah popok yang memiliki pH balance dan daya serap tinggi. Karena pada usia biasany anak sangat aktif bergerak, untuk itu pilihlah popok bentuk celana agar tidak mengganggu pergerakan anak. Berikutnya usia 20 bulan keatas, pilihlah popok yang berbentuk celana dengan kenyamanan maksimal. Selain itu, popok yang berbentuk celana juga sangat cocok untuk usia ini karena pada usia ini anak akan mulai belajar melakukan sesuatunya ke toilet.

Efektif dipakai
Untuk bayi yang sedang aktif tepatnya di usia 18 bulan keatas pilihlah popok yang mampu menyerap pipis bayi lebih banyak.

Kenyamanan
Kenyamanan merupakan hal terpenting yang harus kita perhatikan dalam memilih popok bayi. Untuk itu pilihlah popok bayi berbahan lembut dengan perekat yang tidak mudah sobek atau terbuka.

Aman
Pilihlah popok yang aman digunakan bagi sehingga tidak akan mengakibatkan kebocoran pada saat buang air kecil maupun besar.

Harga
Disini anda harus benar-benar jeli dalam memilih, jangan sampai hanya tergiur dengan produk murah anda membelakangi kenyamanan dan kesehatan anak. Tidak ada salahnya jika anda memilih popok yang sedikit mahal namun kualitas, manfaat dan mutunya jelas terjamin.

Popok khusus
Pada saat bayi tidur biasanya akan lebih banyak buang air kecil, sehingga untuk tetap menjaganya tetap terlelap berikanlah popok khusus malam hari dengan daya tampung yang lebih banyak.

 
Chat via Whatsapp