Cara Mendidik Anak Dalam Islam Agar Patuh Bangun Pagi

21 January 2021 - Kategori Blog

Ada beragam cara untuk mendidik anak-anak dalam Islam yang dapat diterapkan. Salah satunya mendidik anak untuk bangun pagi dan melatih disipline tepat waktu.

Dengan menerapkan cara mendidik anak sesuai Islam, diharapkan si Kecil dapat memiliki akhlak atau pribadi yang baik sehingga siap bersaing di masa depan.

Bunda bisa mulai mendidika anak dengan cara disiplin bangun pagi.

Tips berikut mungkin bisa membantu bunda agar si kecil mudah bangun pagi.

1. Tidur Cukup

Pastikan si kecil tidur sehabis isya, jangan di biarkan tidur larut malam, matikan lampu kamar temani si kecil tidur. Dengan porsi tidur yang pas membuat si kecil bangun dalam keaadan segar.

2. Siapkan Jadwal Rutin

Ketika si kecil bangun pagi rutinitas apa yang harus mereka lakukan, apakah pergi ke kamar mandi dulu atau sarapan, pandu si kecil jika ke kamar mandi dulu pasang wajah senyum untuk membangun mood yang baik.

3. Bangun Duluan

Sebagai orang tua kita bangun duluan minimal 15-20 menit sebelum anggota keluarga lainnya, dengan bangun lebih cepat kita bisa mempersiapkan kebutuhan dan menjadi contoh buat si kecil.

4. Dengan Cinta

Saat membangunkan si kecil bunda bisa stop dulu pekerjaan lainnya, gunanya melatih fokus membangunkan si kecil dengan lemah lembut bukan teriakan, jika membangunkan si kecil dengan teriakan yang ada malah rengekan tantrum yang keluar.

5. Beri Hadiah

Sesekali bunda berikan hadiah ke si kecil ketika ia sudah rutin bangun pagi tanpa rengekan tantrum, bunda bisa berikan hadiah berupa sarapan kesukaannya atau yang lain.

Bukan hanya menyuruh si kecil untuk nurut apa yang kita perintahkan, Sebagai orang tua kita harus menjadi contoh yang baik buat si kecil, selalu belajar memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik.

Selain itu yang paling penting dalam melakukan kegiatan ini adalah Good Mood dan motivasi, ketika si kecil ogah-ogahan menuruti perintah bunda ada baik nya berikan motivasi dan solusi, berkomunikasilah dengan murah senyum dan tutur kata yang lembut.

Semoga bermanfaat.

, , , , , ,

 
Chat via Whatsapp