Dampak kekerasan pada anak yang jarang di ketahui orang tua

21 November 2019 - Kategori Blog

Zaman sekarang berbagai macam permasalahan keluarga yang aneh banyak terjadi termasuk kekerasan pada anak, ini biasanya terjadi akibat orang tua yang stress memikirkan pekerjaan dan melampiaskan kekesalannya ke anak, terlebih lagi anak susah di atur.

Paling menyedihkan ketika anak mengalami kekerasan berupa pukulan hingga berbekas, selain bekas fisik, kekerasan pada anak menimbulkan bekas psikis berupa ingatan mengalami kejadian buruk dari orang tuanya.

Apa saja dampak kekerasan yang di alami anak ?

  1. Cedera fisik

Si anak akan mengalam cedera fisik dari pukulan berupa memar atau bisa juga luka yang susah sembuh

  1. Bikin gak percaya diri

Meskipun kita sebagai orang tua hanya memukul anak yang tidak menimbulkan bekas, namun perbuatan ini bikin anak gak percaya diri merasa takut di pukul jika melakukan kesalahan.

  1. Ragu-ragu

Si anak merasa ragu-ragu untuk melakukan sesuatu, menurut dia apakah ini aman atau bisa salah dan mendapat pukulan dari orang tua.

  1. Mudah berbohong

Karena takut akan di pukul si anak berbuat bohong untuk menyelamatkan diri dari pada dia kena pukulan dari orang tua

  1. Membekas lama

Jika sering mendapat perlakuak keras dari orang tua, si anak kan mengingat kejadian yang di alami nya dan itu membekas lama di ingatannya. Bisa jadi kekerasan yang di alaminya sewaktu kecil ia ulangi saat dewasa ketika mempunyai anak.

Sebagai orang tua hendaklah banyak bersabar terhadap anak, mereka tidak mengerti apa yang kita katakan namun mereka memahami apa yang orang tua perbuat. Ketika anak susah di atur sebaiknya orang tua perbanyak tobat kepada Allah. Dengan bertobat kepada Allah lisan kita terjaga dari perkataan buruk.

Pada saat anak susah di atur cobalah untuk memotivasi mereka untuk menumbuhkan sifat percaya diri. Semoga bunda tercerahkan dengan tips ini dan makin sabar.

 
Chat via Whatsapp