Kunci Mendidik Anak yang Bahagia Dengan Sentuhan

13 March 2024 - Kategori Blog

Di zaman sekarang di mana teknonlogi berkembang banyak teori parenting yang bertebaran bahkan sampai di bikin bingung kira-kira yang mana yang mudah di praktikkan namun berdampak besar ke anak sendiri. Mungkin tips ini cara mendidik anak terbaik dengan sentuhan bisa membantu bunda dalam mendidik anak di rumah.

 

Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya sentuhan fisik tidak hanya menghambat perkembangan emosional dan fisik anak tetapi juga dapat mengganggu kemampuan mereka untuk membangun ikatan kuat dengan orang lain, termasuk dengan orang tua mereka sendiri. Anak usia 1 tahun, yang berada di tahap kritis pengembangan, sangat memerlukan sentuhan sebagai bagian dari proses bonding mereka.

 

Bayangkan sejenak, dunia tanpa pelukan hangat, tanpa ciuman lembut saat tidurnya. Anak-anak yang kekurangan sentuhan fisik sering kali mengalami kesulitan dalam mengekspresikan emosi, mengembangkan rasa empati, dan bahkan dalam aspek belajar dan perhatian.

 

Kurangnya sentuhan tidak hanya mempengaruhi kesehatan emosional anak tetapi juga bisa meningkatkan risiko mereka mengalami stres dan kecemasan di kemudian hari. Dan ini bukanlah yang kita inginkan  bukan ?

 

Mulailah dengan rutinitas harian yang melibatkan banyak sentuhan, pelukan itu tidak hanya menyenangkan, dalam satu pelukan dapat mengkomunikasikan lebih banyak cinta daripada seribu kata.

 

Penelitian menunjukkan bahwa kontak fisik yang rutin dapat meningkatkan kemampuan anak untuk mengatur emosinya dan membangun fondasi kepercayaan.

 

Bunda bisa mulai mendidik anak dengan melibatkan banyak sentuhan pada saat membaca buku bersama anak, bisa juga duduk berdekatan saat menonton. Buat bunda yang masih punya bayi bisa lakukan dengan pijat kecil-kecilan.

 

Ingat, bahwa setiap sentuhan harus penuh perhatian dan menghormati ruang pribadi anak , sentuhan mengajarkan mereka tentang konsentasi dan membantu mereka memahami pentingnya menghormati batasa fisik orang lain juga.

 

Dengan menjadikan aktivitas sentuhan sebagai rutinitas harian, bunda memberi rasa aman, cinta dan kepercayaan yang tak tergoyahkan.

 

Mari kita bangun mendidik anak dengan pelukan. Dengan setiap pelukan, kita tidak hanya memperkuat ikatan kita dengan anak-anak.

 

Semoga tips ini bermanfaat dan membantu bunda mendidik anak.

, , , , , , , , , ,

 
Chat via Whatsapp