Mengenal rambut tipis pada anak dan solusi agar rambut anak menjadi lebat

11 November 2019 - Kategori Blog

Setiap orangtua tentu menginginkan kondisi yang terbaik untuk anak-anaknya. Salah satunya rambut anak yang tumbuh lebat dan indah. Sayangnya, beberapa rambut bayi tipis dan jarang ketika mereka dilahirkan.

Dalam beberapa kasus, hal itu mungkin normal saja terjadi. Namun dalam beberapa kasus lainnya, hal itu bisa menunjukan suatu kondisi yang lebih serius sehingga bikin orang tua cemas.

Seperti orang dewasa pertumbuhan rambut si kecil sulit di prediksi, dalam tiga bulan adalah fase telogen, rambut rontok dan yang baru tumbuh di tempatnya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut si kecil menjadi tipis, dengan memahami faktor-faktor ini mudah-mudahan menjadi pencerahan bunda

Ada banyak alasan mengapa rambut si kecil rontok secara tidak normal dan berlebihan. Beberapa di antaranya dikarenan beberapa masalah :

  1. Tinea kapitis

Tiniea kapitis adalah salah satu penyebab paling umum dari kerontokan rambut pada anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh jamur dermatofit pada kulit kepala dan batang rambut.

Seorang anak yang mengalami penyakit ini biasanya akan memiliki kulit kepala yang bersisik dan pitak. Ini adalah infeksi jamur menular dan bisa terjadi pada siapa saja. Namun umumnya terjadi pada anak-anak usia sekolah.

Tinea capitis dapat memengaruhi rambut di kulit kepala, alis, dan bulu mata. Bila tidak segera diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan kerontokan rambut yang parah, kebotakan, dan bekas luka permanen.

Selalu jaga kebersihan tangan, cuci rambut dan kepala bayi dengan rutin untuk menghindari penyakit ini.

  1. Telogen effluvium

Telogen effluvium adalah suatu kondisi di mana siklus hidup rambut terganggu. Biasanya, sekitar 10 hingga 15 persen rambut di kepala anak berada dalam fase telogen.

Namun dalam telogen effluvium, banyak rambut dilemparkan ke fase telogen. Setelah beberapa minggu atau bulan, kebotakan sebagian atau seluruhnya terjadi.

Efluvium telogen dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk demam ekstrem, stres akibat anestesi umum, overdosis vitamin A, cedera, efek samping obat (misalnya, accutane), atau stres emosional yang parah.

Tidak ada tes diagnostik untuk telogen effluvium, biasanya didiagnosis setelah pemeriksaan yang cermat dan riwayat medis. Kondisi ini cenderung dapat hilang dengan sendirinya dan rambut anak-anak biasanya tumbuh kembali sepenuhnya dalam waktu enam bulan hingga satu tahun.

 

  1. Alopecia areata

Alopecia areata mempengaruhi sekitar 1 dari 1.000 anak pada waktu tertentu. Meskipun jarang terjadi tetapi kondisi ini patut Anda waspadai.

Penyebab alopecia areata adalah serangan sistem imunitas tubuh sendiri. Oleh karena penyakit ini termasuk ke dalam salah satu penyakit autoimun.

Gejala utama yang ditunjukan dari penyakit ini ialah kebotakan yang berpola bulat atau oval. Pola botak ini halus dan tidak meradang. Kerontokan rambut ini terjadi dalam hitungan beberapa hari,

Alopecia areata tidak dapat disembuhkan, tetapi dokter kulit dapat menggunakan obat-obatan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Dalam beberapa kasus, alopecia areata akan berkembang sampai semua rambut di kepala anak rontok.

Nah, tiga faktor di atas adalah pengetahuan bunda penyebab rambut tipis pada si kecil

Bunda tak perlu terlalu khawatir bila rambut tipis dan jarang. Dilansir dari Dokter Sehar, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melebatkan rambut si kecil secara alami.

 

  1. Pijat kulit kepala bayi dengan lembut untuk meningkatkan aliran darah dan merangsang pertumbuhan rambut.

Anda bisa melakukan pemijatan dengan durasi 30 detik dan menggunakan minyak essensial seperti rosemary, lavender, peppermint, dan lainnya.

  1. Kemiri dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Oleh karena itu, tak ada salahnya bila Anda mencoba mengoleskan minyak kemiri pada kepala bayi.

Namun ingat, pastikan minyak tersebut aman untuk kulit kepala bayi yang sensitif.

  1. Zat gizi menjadi kunci utama untuk kekuatan dan keindahan rambut.

Berikan ASI sebagai makanan awal terbaik pada bayi baru lahir dan lanjutkan dengan makanan yang kaya zat besi untuk mendorong pertumbuhan rambutnya.

  1. Selalu jaga kebersihan kulit kepala bayi.

Segera keringkan rambut bayi setelah selesai diberikan shampo untuk mencegah rambut bayi lembab dan basah terlalu lama.

 

  1. Bunda juga bisa menggunakan lidah buaya untuk melebatkan rambut si kecil secara alami. Namun jangan lupa untuk memastikan kebersihan lidah buaya sebelum digunakan.

Namun bunda juga jangan terlalu khawatir, karena seringkali pertumbuhan setiap bayi berbeda satu sama lain. Kemungkinan memang pertumbuhan rambutnya lambat, jadi lebih bersabar dan telaten saja merawat rambut si kecil dan jangan sembarangan ya bun.

 

 
Chat via Whatsapp